Musik Indonesia Mengenal Lagu Sayang Via Vallen

Musik Indonesia Mengenal Lagu Sayang Via Vallen

Musik dangdut saat ini banyak sekali mengisi layar kaca pemirsa, hal itu membuat penonton kemudian menjadi lekat dan akrab dengan genre musik tersebut. Padahal beberapa tahun kebelakang, musik dangdut dianggap sebagai aliran yang kampungan dan tidak cocok untuk remaja apalagi masyarakat perkotaan.

Masyarakat moderen lebih menyukai musik dari barat seperti pop, jazz, elektrik dan lain sebagainya. Di antara popularitas genre msuik dangdut tersebut, ada artis cantik asal Sidoarjo yang menjadi sorotan, ia adalah Via Vallen atau yang memiliki nama asli Maulidya Octavia.

Via vallen adalah artis orkes yang namanya melambung sangat tinggi, memang kualitas yang dimilikinya lumayan baik, hal serupa juga yang dialami oleh artis seperti Inul Daratista yang berangkat dari bernyanyi satu panggung ke panggung lainnya.

Lagu yang sangat lekat dengan popularitas Via Vallen adalah lagu berjudul ‘Sayang’. Lagu ini adalah lagu yang membawa dirinya ke dalam pusaran popularitas, hingga akhirnya banyak diundang oleh stasiun televisi untuk mengisi acara.

Lagu sayang sendiri pada awal popularitasnya mengalami banyak kontroversi, banyak stasiun tv yang menayangkan bahwa pencipta lagu tersebut adalah Via Vallen sendiri, namun sebenarnya bukan.

Berawal dari situ, sang pencipta lagu yakni Anton Ombak menggungat Via Vallen dan membuat laporan di kepolisian. Masalah hak cipta lagu tersebut sempat membuat Via Vallen harus repot mengurusi persidangan, padahal jadwal manggungnya sangat padat dan tersebar di banyak kota. Lagu Sayang sendiri memiliki lirik yang sangat sederhana sehingga mudah dihafal dan dekat dengan pendengarnya.

Mari kita merunut sedikit asal-usul lagu ini sehingga Anda paham, yang pertama kali membawakan lagu ini ke publik adalah NDX aka, grup hip hop asal Jogja. Pada waktu itu, lagu masih dinyanyikan dengan aransemen hip hop, penggemar NDX aka sendiri sangat banyak.

Kemudian lagu tersebut di bawakan oleh Via Vallen dalam genre yangberbeda yakni dangdut dengan sedikit perubahan lirik. Lagu apa sih yang tidak bisa asuk ke ke dangdut? Di Indonesia sendiri, bahkan semua lagu pop dibawakan oleh penyanyi orkes dengan genre dangdut.

Sebab musik dangdut sendiri adalah musik rakyat, lagu juga sebuah alat komunikasi sekaligus media hiburan terhadapa rakyat. Dangdut adalah musik yang ramai meskipun pada kenyataannya kandungan dan maksud dari lirik lagu di dalamnya adalah sedih.

Lagu sayang sampai saat ini masih banyak diputar di mana-mana, dikafe tempat nongkrong, di warung burjo, di pusat perbelanjaan bahkan di televisi sekalipun.

Berkat kemunculan lagu tersebut kemudian banyak bermunculan lagu-lagu lainnya yang sama-sama masih dalam genre dangdut. Ada keasyikan tersendiri ketika mendengarkan lagu sayang dan musik dangdut lainnya, Anda tidak akan pernah tahu bila tidak mencoba.

Kalau Anda berada dilingkungan yang sama sekali orang-orangnya tidak menyukai lagu dangdut, awalnya mungkin akan terasa sedikit aneh dan malu-malu. Namun lama kelamaan, Anda akan terbiasa dan justru malah menikmati alunan lagu tersebut.

Dapat dikatakan lagu sayang adalah lagu bersejarah dalam kehidupan karir musik Via Vallen, serta kebangkitan genre dangdut di kalangan anak muda dan masyaraat luas. Meski di beberapa stasiun televisi sudah banyak acara yang mengangkat tema musik dangdut, namun lagu sayang dan Via Vallen tetap memberikan sumbangsih yang luar biasa terhadap dunia musik Indonesia.

Anda penasaran? Anda bisa mendownload lagu sayang di internet, sudah banyak sekali lagu tersebut menyebar.

Cuplikan Video Via Vallen Lagu Sayang