Makna di Balik Lagu Havana

Makna di Balik Lagu Havana

Bagi Anda penggemar musik, pasti mengetahui lagu havana dan tidak asing dengan lirik ‘havana oh nana …’. Ya, lagu tersebut adalah sebuah lagu untuk memulai debut Camila Cabello di dunia musik, lagu havana memilikia alunan musik dan ciri khas tersendiri, hal itu membuat pendengar memiliki ingatan tersendiri mengenai lagu tesebut.

Sebagian besar orang pasti mengira bahka makna dari lagu tersebut adalah tentang seorang perempuan yang putus dengan kekasihnya, sebab video klip di dalam lagu tersebut juga mengisahkan hal yang serupa.

Mengapa harus putus? Sebab si perempuan belum siap untuk tinggal di kampung halaman kekaihnya di Kuba. Namun sebenarnya ada makna lebih yang ingin disampaikan melalui lagu tersebut. Sosok perempuan di dalam video tersebut adalah sosok perempuan yang memiliki banyak mimpi dan enggan untuk melakukan hal yang dapat menggagalkan mimpinya.

Tokoh tersebut juga merupakan tokoh yang memperjuangkan cintanya. Sosok yang penuh mimpi atau dreamer, dreamer sendiri mengarah kepada kelompok imigran tertentu yakni Dream yang merupakan singkatan dari Development, Relief an Education for Alien Minors.

Camila Cabello sendiri adalah seprang suporter dari Deferre Action For Childhood Arrivals atau sering disingkat dengan DACA yang nasibnya sendiri terombang-ambing di masa pemerintahan Donald Trump.

Sebelumnya, sudah ada undang-undang yang memperjuangkan golongan imigran tersebut, undang-undang tersebut dibuat oleh Barrack Obama. Undang-undang tersebut mengatur mengenai seluruh kelompok imigran latin yang diberikan izin dan legalitas untuk tinggal di Amerika. Akan tetapi, ketika sudah berganti pemerintahan dengan masa Trump, dikabarkan bahwa izin tersebut akan segera dicabut dan tidak diberlakukan lagi, itu artinya para imigran tidak akan boleh lagi tinggal di Amerika.

Melalui lagu havana sendiri, perempuan yang berasal dari Kuba tersebut bergabung dengan banyak selebriti dunia seperti Cris Evan dan Lady gaga yang menyuarakan pendapat atas kebijakan baru Donald Trump yang dinilai tidak adil tersebut. Sebab akan mempersulit para imigran yang ingin mendapatkan izin tinggal, sejatinya semua orang berhak tinggal di manapun, tak terkecuali dengan para imigran itu sendiri.

Lagu yang sangat bagus bukan? Bagaimana menurut kalian? Sebuah lagu dapat dijadikan sebagai alat untuk menyuarakan ketidak adilan atas sebuah kaum. Lagu havana sendiri pertama kali muncul di situs youtube, sampai hari ini official video darilagu tersebut sudah ditonton puluhan juta kali, sebuah pencapaian yang luar biasa dan tidak sia-sia kalau dijadikan sebagai alat kampanye.

Terlepas dari latar belakang lagu tersebut yang dijadikan sebagai alay kampanye, ada yang menarik sebab lagu ini memiliki nada yang unik dan lirik yang tidak biasa. Terdapat banyak sekali pengulangan kata Havana di dalam lagu tersebut, havana sendiri dalam bahasa latin memiliki arti sebagai pemimpi.

Sebenarnya Havana dalam artian sebenarnya adalah naman kota di daerah Kuba. Entah apa yang terlintas di pikiran sang pencipta lagu sehingga menciptakan lagu yang semacam itu. Yang jelas, lagu havana adalah lagu yang unik dan sebagai terobosan baru dalam melakukan sebuah kampanye. Di youtube sendiri juga ada parodi lag tersebut yang dinyanyikan oleh Trump, hal itu menjadi perhatian tersendiri para pegiat kemanusiaan dan juga pecinta musik. Mereka bisa menyaksikan sebuah hiburan ketika Trump menyanyikan lagu tersebut. sebab lagu itu diciptakan untuk menyindiri Trump namun kemudian dinyanyikan oleh Trump (berkat hasil editan).

Cuplikan Video Lagu Camila Cabello – Havana ft. Young Thug